Beda dengan Non Fiksi, Inilah Struktur Teks Sejarah Fiksi

Ulasan mengenai struktur teks sejarah Fiksi yang harus diketahui dan beberapa hal informasi penting lainnya. Struktur teks sejarah sangatlah penting untuk Anda ketahui terutama jika Anda akan membuat sebuah tek sejarah. Oleh karenanya sangat wajib hukumnya mempelajari terlebih dahulu tahapan atau urutan dalam membuat teks cerita sejarah. Untuk memahami suatu materi tentu saja Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian dari materi tersebut. Lalu apa yang dimaksud dengan sebuah teks cerita sejarah?

Beda dengan Non Fiksi, Inilah Struktur Teks Sejarah Fiksi.jpg
Beda dengan Non Fiksi, Inilah Struktur Teks Sejarah Fiksi.jpg

Teks cerita sejarah merupakan teks yang berisikan tentang peristiwa atau kejadian di masa lampau yang mempunyai nilai sejarah. Teks tersebut dikemas dalam bentuk pendeskripsian dan penjelasan secara runtut dari sebuah sejarah dari awal hingga akhir peristiwa. Pada umumnya teks cerita sejarah berisi tentang pengertian, struktur teks sejarah, kaidah pembahasan, dan untuk memperjelas cerita disertai dengan contoh ceritanya.

Keruntutan peristiwa sangatlah penting dalam pembuatan sebuah teks cerita sejarah. Mengapa? Bukan tanpa alasan, melainkan karena untuk menghindari kesalahpahaman mengenai isi dari sebuah teks cerita sejarah. Mempelajari unsur yang terdapat dalam teks sejarah tentu saja sangat diperlukan, agar supaya catatan sejarah dapat tersususn dengan benar dan muah dipahami ketika dibaca.

Pengertian Teks Sejarah Fiksi                 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa teks cerita sejarah adalah teks yang menceritakan atau menjelaskan tentang suatu kejadian di masa lampau, yang dijadikan latar belakang cerita serta memiliki nilai sejarah. Berdasarkan jenisnya, sebuah struktur teks sejarah dibedakan atas 2 jenis yaitu cerita sejarah fiksi dan non fiksi. Lalu apa yang dimaksud dengan cerita sejarah fiksi?

Teks cerita sejarah fiksi merupakan teks cerita sejarah yang isinya dibumbui oleh cerita imajinatif buah hasil imajinasi dari pengarangnya. Jalan cerita pada teks carita sejarah fiksi tersusun atas kisah nyata yang disajikan berdasarkan sudut pandang penulis. Tokoh yang ada di dalamnya pun biasanya tak digambarkan secara penuh. Peristiwa pada sebuah teks cerita sejarah fiksi pun di susun secara hierarki.

Susunan hierakrki tersebutt maksudnya adalah disusun secara bertingkat yaitu dari peristiwa yang kurang pentng hingga ke yang paling penting atau juga sering disebut dengan klimaks. Dengan begitu maka teks cerita sejarah dapat memberi kejutan bagi siapa saja yang membacanya. Adapun contoh dari teks cerita sejarah ini misalnya seperti novel, legenda, hikayat, dan masih banyak lagi lainnya.

Struktur Teks Sejarah Fiksi

Sama halnya seperti sebuah teks cerita sejarah non fiksi, teks cerita fiksi pun memiliki struktur teks. Sama kah keduanya? Yang harus Anda tahu keduanya memiliki struktur teks yang berbeda.

Pada cerita sejarah fiksi strukturnya memiliki 4 tahapan yaitu orientasi, kompliksi, resousi, dan koda.

  • Tahapan pertama yaitu orientasi merupakan tahapan yang berisikan tentang pengenalan latar cerita.
  • Tahapan kedua yaitu komplikasi yang merupakan tahapan yang menjadi bagian dari urutan peristiwa namun setiap peristiwa hanya dikaitkan secara sebab akibat.
  • Pada tahapan ketiga  resousi,akan ditemukan beberapa karakter atau watak dari tokoh yang ada di dalam cerita.
  • Terakhir k, Koda adalah tahapan yang berisikan amanat dan pesan moral yang dapat dipetik dari sebuah teks cerita sejarah.

Itulah informasi terkait dengan struktur teks pada cerita sejarah fiksi. Keempat tahapan tersebut merupakan pembeda antara teks sejarah fiksi dan non fiksi. Jadi untuk Anda yang akan membuat sebuah teks cerita sejarah baik fiksi maupun non fiksi hendaknya selalu memperhatikan struktur teks sejarah agar hasil dari tulisan Anda dapat mudah dipahami oleh para pembaca.