Memahami Contoh Struktur Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Sebelum membicarakan tentang struktur teks eksplanasi, perlu diketahui bahwa jenisnya ternyata ada banyak. Salah satunya adalah ada jenis teks eksplanasi yang membahas tentang bagaimana. Misalnya saja, membahas tentang bagaimanakah kinerja dari pompa air, laptop, terbentuknya danau, terjadinya tanah longsor, dll. Sedangkan jenis teks eksplanasi lainnya adalah mengapa hal itu terjadi.

Memahami Contoh Struktur Teks Eksplanasi Fenomena Alam 1

Pada jenis teks eksplanasi ini contohnya adalah membahas tentang mengapa besi dapat berkarat? Kemudian, mengapa tidur itu baik untuk kesehatan, dll. Ada lagi jenis teks eksplanasi lainnya, yaitu sequential. Isinya adalah tentang rincian proses kejadian epertia siklus dari kehidupan kupu-kupu, bagaimana cara membuat minyak kelapa, roti, nasi goreng, dll.

Selain hal itu, masih ada lagi teks eksplanasi kausal. Dimana isinya adalah perubahan dari satu tahapan ke tahap berikutnya. Misalnya saja kenapa bisa terjadi gempa bumi dan tanah longsor. Selanjutnya, masih ada lagi teks eksplanasi teoritis yang membahas tentang fenomena alam. Yang terakhir adalah membahas teks ekspalnasi factorial dan konsekuensial.

Contoh Struktur Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Nah, kali ini akan membahas tentang contoh teks eksplanasi tentang kebakaran hutan. Untuk tahapan struktur permulaannya dimulai dari pernyataan umum. Yaitu, kebakaran hutan merupakan kejadian yang terjadi dari kemunculan api yang jumlahnya besar. Sehingga, api tersebut bisa melahap pepohonan dan melahap lingkungan yang ada di sekitar hutan.

Tentu saja kebakaran tersebut bisa berdampak buruk untuk lingkungan sekitar dan  makhluk hidup yang ada. Selanjutnya, dibagian urutan sebab akibatnya, maka ada 2 macam dari kebakaran hutan, yaitu kebakaran tajuk dan permukaan. Kebakaran tajuk merupakan kejadian api saat melahap tanaman yang ada di area hutan dan pepohonan yang mudah terbakar. Hal ini harus Anda perhatikan dengan baik dalam pembuatan struktur teks eksplanasi.

Sedangkan untuk kebakaran permukaan merupakan kejadian yang melahap lantai atau dasar hutan. Sifat api kebakaran permukaan ini mudah menyebar, tapi gampang untuk dipadamkan. Sementara untuk kebakaran api tajuk adalah saat kejadian ini sampai melahap lapisan organik yang ada di bawah permukaan hutan. Jenis kebakaran ini perambatannya sangat lambat dan lama.

Ada 2 hal yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan. Yaitu, faktor alam dan manusia. Faktor alam disini dikarenakan terjadinya kekeringan panjang. Sehingga, menyebabkan terjadinya percikan api. Sementara faktor manusia karena adanya kelalaian atau bahkan kesengajaan supaya terjadi kebakaran hutan. Sejumlah ulah manusia penyebab kebakaran hutan karena adanya pembakaran liar.

Simpulan Struktur Teks Eksplanasi

Simpulan dari contoh teks diatas adalah kebakaran hutan merupakan kejadian alam yang kerap terjadi di kawasan negara tropis. Salah satunya sering terjadi di Indonesia. Faktor utamanya ada banyak. Yaitu, bisa terjadi karena alam dan ulah manusia sendiri yang tidak bertanggung jawab. Hutan sendiri adalah sumber daya yang terbuka untuk umum.

Sehingga, hal ini sering membuat terjadinya tragedy of the common property. Hal ini disampaikan dalam teori Hardin, G 1968. Dimana beliau mengatakan bahwa hutan negara yang dianggap menjadi milik publik ini sebenarnya tidak ada pemiliknya. Semua orang punya akses masuk dan keluar. Semua orang punya akses untuk memanfaatkannya.

Banyak dari mereka tidak bertanggung jawab untuk melestarikannya, namun turut memanfaatkan dan merusaknya. Maka dari itulah, semua orang dianjurkan untuk selalu menjaga hutan. Mengingat hutan adalah paru-paru dunia. Maka semua makhluk hidup wajib menjaga lingkungan sekitar, termasuk hutan. Seperti itulah yang harus dipetik dalam struktur teks eksplanasi dari simpulannya.