Perbedaan VPS dan Cloud Hosting

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting menjadi term yang akan selalu dicari-cari penjelasannya oleh para pemula dalam dunia informasi dan teknologi, khususnya yang berhubungan dengan internet. Apa VPS terbaik di Indonesia? Siapa penyedia jasa cloud hosting terbaik di Indonesia?

Seluruh penyedia jasa VPS dan Cloud Hosting pasti dengan sabar memaparkan mengenai perbedaan keduanya. Namun tetap saja, bagi mereka yang baru terjun sebagai blogger maupun developer pemula masih ada yang bingung perbedaannya.

Ingatlah bahwa dunia internet ini semakin luas dan kompleks dengan maraknya berbagai aktivitas di dalamnya. Masyarakat tidak lagi tertantang hanya buat menjadi pengamat dan pengguna belaka, namun mulai masuk ke dalam arah sebagai teknisi, developer dan pebisnis. Setidaknya bisa dilihat dari bagaimana tren pembangunan website yang tiap hari semakin banyak peminatnya.

Dari sekian banyak cara membangun website, ada satu unsur yang seringkali membingungkan para pemula, yaitu persoalan server!  Sebuah website yang hendak dibangun ini baiknya ditampung dengan server seperti apa? Apakah menggunakan Virtual Private Server (VPS) atau Cloud Shared Hosting? Apa perbedaan VPS dan Cloud Hosting?

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting

Baca juga Artikel Pentingnya Copywriting dalam Email Marketing

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya memahami dulu pengertian server dan apa fungsinya di dalam sebuah website. Server adalah sebuah perangkat lunak sekaligus perangkat keras yang berfungsi untuk menerima perintah client. Sebuah server mendapatkan tugas untuk menampung dan mengirim data dari satu komputer ke komputer lainnya melalui jaringan internet.

Kemudahan akses sebuah website sangat dipengaruhi servernya. Semakin banyak kapasitas data yang digunakan, maka butuh server dengan RAM yang besar! Dan semakin banyak jumlah visitor, maka membutuhkan server yang canggih pula. Makanya para developer dan pemain profesional tidak akan ragu-ragu buat membeli server mahal, asalkan websitenya tidak gampang down dan collapse hanya karena diterpa badai visitor.

Salah satu jenis server website yang paling banyak dipakai adalah Virtual Private Server dan Hosting Cloud. Mari simak perbedaannya melalui pengertian VPS dan pengertian Cloud Hosting di bawah ini!

 

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting

 

Pengertian VPS

VPS singkatan dari Virtual Private Server yakni sebuah layanan jasa server website yang diperuntukkan untuk perorangan, seringpula disebut sebagai Semi Dedicated Server karena fungsinya hampir mirip dengan Dedicated Server, hanya saja dalam penggunaannya mirip dengan Cloud Hosting, yang ada pembagian resource. Perbedaan VPS dan Cloud Hosting terletak pada kontrol terhadap servernya saja.

VPS adalah pecahan dari Dedicated Server yang memiliki kemampuan kontrol penuh terhadap pengelolaan server. Analoginya adalah seperti sebuah apartemen di dalam gedung apartemen pencakar langit. Masing-masing pemilik blok apartemen tentu berhak mengelola sendiri bangunannya sesuai dengan kebutuhannya.

 

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting

Pengertian Cloud Hosting

Hampir sama dengan definisi VPS, maka Cloud Hosting juga merupakan produk turunan dari Dedicated Server, hanya saja dalam pengelolaannya pengguna tidak memiliki akses terhadap server. Hanya diberi pilihan mengenai jumlah resource, terkait processor, RAM maupun hardisk.

Harga Cloud Hosting lebih murah dibandingkan VPS, namun secara performa lebih unggul VPS. Biasanya website-website dengan traffic menengah ke bawah masih bisa dijalankan dengan server Cloud ini.

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting memang sangat dipengaruhi atas kontrol terhadap rootnya yakni server itu sendiri. Konfigurasi VPS adalah jenis konfigurasi mentah yang membutuhkan pengetahuan lebih tentang cara menggunakannya. Sedangkan Cloud Hosting ini dirancang untuk mudah diakses semua orang melalui konfigurasi sederhana via control panel.