Pilih Server Indonesia atau Luar?

Pilih server Indonesia atau luar? Pertanyaan ini seringkali membingungkan mereka yang akan migrasi website atau blognya ke layanan self hosting dan server berbayar! Padahal sebenarnya tidak usah bingung-bingung memilih, sebab server itu dikondisikan sesuai dengan segmentasi visitor.

Ketika segmen visitor kebanyakan dari Indonesia, maka pilihlah server IIX yang data centernya berada di Indonesia. Server IIX Indonesia memberikan sebuah kepastikan stabilitas akses dari dalam negeri karena routingnya pendek. Server Indonesia Internet Exchange ini cocok sekali buat blog-blog yang mayoritas visitornya orang Indonesia.

Pilih Server Indonesia atau Luar

Kelemahan dari server internet Indonesia

adalah bila website hendak berkirim e-mail ke luar negeri, maka e-mail ini cenderung lebih lama sampainya. Kendala server Indonesia memang dalam hubungan jaringan internet internasionalnya. Selain itu, bila sebuah website dihost dalam server IIX, maka visitor luar negeri pun cenderung mengalami loading yang lebih lambat karena bandwith internasionalnya kecil.

Di Indonesia, terdapat 3 layanan server populer yang biasa diperjual-belikan, yaitu server IIX, USA dan Singapore. Masing-masing memiliki pangsa tersendiri! Untuk harganya, cenderung fluktuatif karena mengikuti iklim persaingan di pasar server.

Untuk para blogger atau developer website yang sedang bingung, pilih server Indonesia atau luar? Maka cobalah lebih mengenali pangsa website yang sedang dikerjakan ini. Jika memang visitor dan hubungan luar negerinya lebih banyak, maka server Singapore juga sangat cocok! Sebab server ini dekat dengan Indonesia, namun juga memiliki routing internasional yang bagus.

Dalam dunia blogging, terutama yang menjadikan website sebagai pundi-pundi menambang uang dengan program Google Adsense, server USA dan Singapore lebih banyak dipilih. Meskipun harganya lebih mahal, namun efeknya sangat baik dalam indexing dan crawling konten website.

Baca juga Artikel Meningkatkan penjualan melalui website

Para IMERs memang menjadikan search engine sebagai ladang terbesar mencari visitor! Jika website miliknya disajikan oleh server luar negeri yang mumpuni, seperti server USA, maka website menjadi lebih cepat terindex oleh mesin pencari besar, seperti Google, Yahoo dan Bing! Namun indexing dan crawling ini pun tidak akan begitu berpengaruh pada kenaikan jumlah visitor jika memang target visitornya adalah dari dalam negeri Indonesia sendiri.

Memang sulit-sulit gampang untuk pilih server Indonesia atau luar. Harus dengan pengamatan yang jeli dalam tempo waktu yang lama pula. Untuk memudahkan para pemain Adsense, biasanya mereka memilih server sesuai dengan bahasa website yang digunakan. Seluruh website berbahasa Inggris, maka target visitornya adalah visitor internasional. Dan seluruh website berbahasa Indonesia, maka targetnya adalah visitor lokal Indonesia dan paling jauh negara tetangga di Asia Tenggara.

Ada fenomena blog bule yang servernya menggunakan server USA, maka blog itu bisa menjadi pundi-pundi masuknya visitor dan earning adsense. Namun banyak pula blog-blog berbahasa Indonesia yang memakai server Singapore juga punya berbagai keuntungan finansial seperti itu. Perbedaan server Indonesia dengan Singapura itu terletak pada konektivitasnya saja dan stabilitas lalu-lintas data.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa ada poin-poin pertimbangan khusus untuk pilih server Indonesia atau luar, yaitu:

  1. Server dipilih berdasarkan dengan target visitor, apakah visitor Indonesia atau mancanegara
  2. Jika blog atau website bersegmen visitor lokal, maka server Indonesia XII adalah pilihan terbaik
  3. Server USA sangat bagus untuk blog bule atau website berbahasa Inggris
  4. Solusi paling cerdas untuk memaksimalkan performa website adalah dengan memilih server singapura

Jika berbagai tips pertimbangan sudah dilaksakan, maka tidak akan pernah ada lagi pertanyaan pilih server Indonesia atau luar? Sebab ini benar-benar tergantung pada segmentasinya dan kegiatan apa yang dilakukan oleh website itu.